Cara Merawat Kulit Suede & Nubuck - Voila Leather
Telp/WA/SMS : 081323450037

Cara Merawat Kulit Suede & Nubuck

Cara Merawat Kulit Suede & Nubuck
Cara Merawat Kulit Suede & Nubuck

Cara Merawat Kulit Suede & Nubuck

Cara Merawat Kulit Suede & Nubuck

Halo Voila’s, sebagai penggemar tas kulit tentu pernah mendengar atau bahkan membeli produk tas berbahan kulit suede atau nubuck. Ya kedua kulit ini sekilas sama tapi ternyata tidak, melalui artikel ini kami akan menjelaskan tentang perbedaan kulit suede dan nubuck, dan cara merawatnya lets start…

Kulit Suede

Suede biasa disebut dengan kulit balik (kulit baian belakang) sejatinya adalah bagian dari leather atau kulit yang dihasilkan dengan proses yang berbeda. Pada umumnya yang paling banyak dikenal berasal dari kulit sapi, selebihnya dari hewan ternak lain seperti kerbau atau domba . Sepintas terlihat seperti bagian dalam kulit, sehingga orang menyimpulkannya sebagai kulit yang dibalik dan juga menyebut Suede sebagai ”kulit balik”.

Suede berasal dari bahasa Perancis “Gants de Suède”, yang artinya “sarung tangan Swedia” (Wikipedia). Dari artinya mungkin jenis kulit ini pertama kali dihasilkan di Swedia lalu dibawa ke perancis, lalu dari Perancis dipulerkan ke seluruh dunia. Sesuai istilahnya dalam bahasa Perancis, Suede pada awalnya digunakan untuk bahan pembuatan sarung tangan wanita.

Kulit suede, termasuk jenis kulit eksklusif sama seperti nubuk, mahal dan berkelas. Tetapi kulit ini banyak mendapatkan kritik yaitu “Cepat kotor dan susah dibersihkan !” banyak orang berkata demikian, tetapi jangan khawatir, melalui artikel ini akan kami jelaskan cara merawat dan membersihkan kulit suede J

Kulit Nubuck

Jenis Kulit ini termasuk jenis kulit eksklusif, mahal dan berkelas, mengapa karena proses pembuatan kulit nubuck lebih rumit dan butuh proses tambahan, yaitu pengamplasan sehingga menyentuh bagian dalam kulit lalu di haluskan. Proses ini bisa dibilang rumit karena jika bukan dikerjakan dengan ketelitian akan merusak kulit keseluruhan. Sama dengan kulit suede, kulit nubuck juga mendapat predikat kulit yang susah untuk dibersihkan dan dirawat, tetapi melalui artikel ini akan kami jelaskan proses perawatan dan pembersihan kulit nubuck.

Point Penting tentang Kulit Suede & Nubuck :

  • Bercak kotor pada Tas berbahan suede, jangan memakai air untuk membersihkan hanya bagian yang memiliki bercak tersebut melainkan bersihkan seluruh permukaan benda menggunakan sikat suede dan sedikit air guna mencegah perubahan warna
  • Untuk menangani noda membandel, gunakan produk pembersih suede yang memiliki komposisi khusus atau manfaatkan bahan-bahan dapur semisal cuka dan tepung maizena
  • Jika Terkena air atau hujan, jangan dijemur langsung terkena matahari, cukup di angin-angin kan sampai kering
  • Bahan kulit suede & Nubuck tidak sama dengan beludru, penanganannya pun jangan disamakan

Cara Merawat Tas Berbahan Kulit Suede & Nubuck:

Gunakan produk pelindung suede. Produk ini tersedia di hampir semua toko kulit dan berfungsi sebagai tabir pelindung dari kotoran dan noda. Untuk mendapatkan hasil terbaik, oleskan atau semprotkan produk ini langsung pada barang-barang berbahan suede yang baru dibeli dan setiap kali setelah barang-barang tersebut dibersihkan. Walau membantu mengurangi kotoran yang menempel pada bahan suede, produk ini tidak mencegah penumpukan kotoran pada permukaan suede.

Cara Membersihkan

Mulailah dengan menyikat permukaannya memakai sikat khusus suede (Banyak tersedia di tokopedia atau mall-mall atau toko kulit) untuk menyingkirkan kotoran dan memberi akses bagi produk pembersih untuk mencapai noda.

Untuk menghilangkan noda, terutama noda minyak atau keringat, oleskan tipis tepung maizena pada bagian yang bernoda dan diamkan selama beberapa jam atau semalaman. Tepung maizena akan menyerap noda dan mengangkatnya keluar dari bahan suede. Singkirkan sisa-sisa tepung memakai sikat khusus bahan suede.

Kalau cara-cara di atas tidak cukup ampuh menghilangkan noda pada barang-barang suede Anda, dapatkan produk pembersih suede yang lebih kuat. Sama seperti air, gunakan cairan pembersih suede secara merata, bukan hanya pada bercak noda.

Thanks To : https://www.cleanipedia.com/

Share this post
  ,


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *